Friday 8 April 2016

Objek Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta Penuh Misteri


Objek Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta Penuh Misteri
Pantai Parangtritis



Tahukah kalian bahwa Pantai Parangtritis merupakan obyek wisata paling populer di Yogyakarta. Bahkan tempat ini adalah yang paling sering diceritakan di film maupun televisi karena kesan misteriusnya. Jika anda pernah mendengar tentang Nyai Roro Kidul, maka cerita yang berkembang menyatakan tempat ini adalah kerajaannya.

Pantai Parangtritis sangat erat kaitannya dengan mitos dan misteri Nyi Roro Kidul yang tumbuh di dalamnya. Sejarah mencatat bahwa cerita-cerita mengenai sejarah mitos Parangtritis pantai di Yogyakarta beserta Nyi Roro Kidul muncul di kalangan masyarakat khususnya yang berada di wilayah Yogyakarta sejak ribuan tahun silam. Fenomena-fenomena misterius yang terjadi di wilayah pantai parangtritis serta asal usul kisah Nyi roro kidul menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke pantai yang terkenal akan ombak ganas-nya tersebut.

Sejarah singkat mengenai Misteri Pantai Parangtritis dengan Nyi roro kidul yaitu beranjak dari hal tersebut sejarah mitos Parangtritis pantai di Yogyakarta juga memiliki beberapa mitos yang hingga kini diyakini oleh masyarakat sekitar. Adapun beberapa fenomena yang kerap terdengar dari warga sekitar adalah sebagai berikut:

•    Pantai Parangtritis merupakan pintu masuk atau gerbang kerajaan tak kasap mata yang sering dikenal sebagai kerajaan pantai selatan dengan ratu nyi roro kidul.
•    Barang siapa memakai pakaian berwana hijau dan mandi di pantai parangtritis maka ia akan terseret ombak. Mitos ini diyakini masyarakat sekitar karena warna hijau merupakan warna kesukaan ratu pantai selatan sekaligus sebagai seragam bala tentaranya.
•    Menyimpan lukisan nyi roro kidul diyakini akan ditemui oleh nyi roro kidul baik dalam mimpi atau dalam kenyataan.


Tiga mitos diatas merupakan keyakinan masyarakat sekitar yang menambah kemistikan sejarah mitos parangtritis pantai di Yogyakarta. Terlepas kepercayaan kita terhadap misteri, legenda, maupun mitos tersebut kembali pada diri kita masing-masing.

Ilustrasi Nyi Roro Kidul
Ilustrasi Nyi Roro Kidul





Selain itu Pantai ini juga dikenal dengan ombak besar dan bukit-bukit pasirnya, atau biasa disebut Gumuk. Pada musim kemarau biasanya angin bertiup lebih kencang, dan ombaknya rata-rata setinggi dua sampai tiga meter. Sebagai kawasan wisata, Parangtritis dikelola dengan cukup baik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul, Jogja. Mulai dari fasilitas penginapan sampai pasar yang menjajakan souvernir khas semua tersedia di sini.

Adapun jarak Pantai Parangtritis ini hanya 30 km dari jalan Malioboro di Yogyakarta. Untuk mencapai Parangtritis, anda dapat menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum bahkan bisa langsung berangkat kesana menggunakan kendaraan pribadi. Untuk yang memilih angkutan umum, anda dapat naik dari terminal Umbulharjo. Ada dua pilihan rute: melalui Imogiri-Siluk atau Kretek. Jika anda ingin memanjakan mata selama perjalanan pilihlah rute Imogiri-Siluk. Melalui rute Imogiri-Siluk, anda akan melewati pemakaman keluarga kerajaan dan disuguhi pemandangan bukit kapur yang indah dan unik. Tapi jika anda ingin cepat sampai ke Parangtritis, pilihlah rute Kretek.

Merupakan suatu pemandangan yang indah ketika melihat matahari terbenam adalah salah satu yang paling diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke pantai indah Jogja ini. Oleh sebab itu, saat terbaik pergi ke Parangtritis adalah saat menjelang senja. Suasana romantis dan eksotis sore hari di obyek wisata ini juga seringkali dimanfaatkan pasangan calon mempelai sebagai latar foto pre wedding. Tersedia pula jasa bendi yang akan mengantar anda menyusuri permukaan pasir yang halus. Kalau anda lebih suka naik kudanya langsung, anda juga bisa mendatangi jasa penyewaan kuda. Selain itu, permainan layang-layang juga dapat dijadikan pilihan jika ingin lebih mendapatkan suasana santai. Angin Parangtritis Jogja yang kencang dapat membantu anda menerbangkan layang-layang. Bahkan pemula yang tak pernah bermain layang-layang pun dapat dengan mudah menerbangkan layang-layangnya bantuan angin yang berhembus. Wajar saja jika pantai ini sering dijadikan lokasi festival layang-layang.

Festival Layang-layang
Festival Layang-layang

Bagi sobat yang berjiwa petualang, ini ada salah satu wanaha ATV (All Terrain Vehicle) yang patut untuk dicoba. Dengan ATV, anda dapat menaklukkan bukit-bukit pasir di sepanjang pantai.

ATV
ATV Pantai Parangtritis


Dikarenakan besarnya ombak, pengunjung tempat wisata Pantai Parangtritis Jogja yang misterius ini tidak direkomendasikan untuk berenang maupun bermain surfing seperti di selatan pulau Bali. Akan tetapi tidak perlu berkcil hati, karna di pinggir pantai telah tersedia berbagai wahana pemandian umum. Diantaranya adalah pemandian Parang Wedang yang airnya konon dapat mengobati berbagai penyakit kulit. Ini karena air di pemandian tersebut mengandung belerang. Kuatnya mitos Nyai Roro Kidul juga menciptakan eksotisme tersendiri di Parangtritis. Upacara-upacara seringkali digelar untuk menghormati Nyai Roro Kidul. Oleh pihak keraton Yogyakarta, Parangtritis dijadikan tempat upacara Labuhan. Hampir setiap malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon, para nelayan setempat dan pengunjung melakukan upacara ritual di pantai Parangtritis Jogja. Acara ritual diwarnai pelarungan sesajen dan kembang warna-warni ke laut.

Upacara Sesagen
Upacara Sesajen


Cukup misterius bukan ? disamping misteriusnya Pantai Parangtiris, namun Kota Jogja dilain tempat masih banyak memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik yang dapat membuat hati anda terpesona bila berkunjung kesana. Ada Gunung Merapi, Pantai Sundak, Pantai Krakal dan masih banyak lagi. Pokoknya jika anda sedang berkunjung ke Kota Jogja ini, sempatkanlah waktu anda untuk bermain-main diberbagai wisata yang ada di Jogja. Sebab jika tidak berkunjung nanti bakalan nyesel lho.

Sampai jumpa kembali sobat Adventure. Semoga artikel mengenai Objek Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta Penuh Misteri ini bisa bermanfa'at.