Saturday 9 April 2016

Objek Wisata Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta


Pantai Nglambor

Hai Sobat adventure, hari ini saya akan memberikan sebuah artikel mengenai Objek Wisata Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta. Sekilas deskripsi mengenai Pantai Nglambor.

Pantai Nglambor yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul adalah tempat Snorkeling di Jogja yang paling terkenal jika dibandingkan dengan tempat lainnya. Berjarak kurang lebih 70 km dari pusat kota Jogja, pantai ini menawarkan panorama pantai yang indah. Terdapat dua batu karang besar yang menyerupai kura-kura persis di depan teluknya.

Tahukah sobat bahwa air lautnya itu sangat jernih yang mana itu bisa menjadikan pengunjung dengan leluasa melihat karang, rumput laut, ikan dengan berbagai warna berkejaran, dan aneka biota penghuni laut lainnya dari permukaan air. Para pengunjung pun bisa melakukan snorkeling dan berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar karena memang lokasinya pantainya yang berada di teluk. Wajar jika tidak hanya wisatawan lokal yang berdatangan, melainkan dari mancanegara pun berkunjung di Pantai Nglambor ini.


Rute Menuju Pantai Nglambor

Rute Ke Pantai Nglambor

Kalau berangkat dari Jogja, maka kamu harus terlebih dahulu lewat jalan lingkar (ring road) timur sampai bertemu dengan perempatan jalan Wonosari. Kemudian berbeloklah ke arah timur mengikuti jalan Wonosari sampai alun-alun Wonosari yang terletak di sebelah kiri jalan. Mulailah berjalan pelan karena kamu harus berbelok ke kanan ke jalan Baron di pertigaan sebelum kantor Polres Gunung Kidul (jalan menuju terminal Wonosari). Ikutilah jalan tersebut sampai kamu mendapati ada kantor BRI di sebelah kiri jalan. Beberapa ratus meter berikutnya akan ada pertigaan, beloklah ke arah timur (kiri) lalu ikuti terus, sampai di sini kamu tinggal bertanya kepada penduduk sekitar dimana lokasi pantai Nglambor atau kecamatan Tepus desa Purwodadi.

Adapun informasi  mengenai jam kerjanya yaitu Pantai Nglambor buka 24 jam. Harga tiket masuk adalah sebesar Rp. 5.000,- per orang sudah termasuk biaya parkir kendaraan bermotor yang akan ditarik retibrusi di pos masuk pantai Siung. Saran dari saya alangkah baiknya jika sobat ingin berkunjung kesana berangkatnya diwaktu pagi hari, sebab jika sudah menjelang malam datang ke sana. Sobat hanya dapat melihat gelapnya suasana malam dan besarnya deburan ombak.

Beberapa aktivitas yang dapat sobat dilakukan disana seperti, bermain pasir putih, berenang serta Snorkeling. Untuk biaya menyewa alat untuk snorkeling seharga Rp.50.000,- per setnya meliputi masker, snorkel dan sepatu karet plus tiga frame foto di bawah air ketika sedang snorkeling untuk kamu sosialisasikan kepada teman-teman kamu di jejaring sosial bahkan saudara.

Snorkling di Nglambor

Salah satu fasilitas yang mendukung disana yaitu adanya Hotel aau tempat Penginapan. Jika kamu datang dari luar kota dan baru tiba di Wonosari Gunung Kidul sore atau malam hari, sebaiknya menginaplah di hotel yang terdapat di pusat kota Wonosari karena di sana tidak seperti pantai Indrayanti yang sudah dikelola dengan baik oleh pihak swasta sehingga kamu tidak akan mendapati penginapan di sana. Pagi setelah subuh barulah mulai berangkat menuju pantai Nglambor. Jadi sebaiknya cari hotel di kota Wonosari karena selain murah, kita juga bisa lebih leluasa mencari santap malam dengan harga yang lebih terjangkau.

Tempat Penginapan

Di Pantai Nglambor juga menyediakan tempat untuk beribadah bagi umat yang beragama Islam. Jadi bagi sobat yang beragama Islam tidak perlu khawatir ketika menjumpai waktu sholat untuk melaksakan peribadatannya. Disini untuk mencari toilet umum sobat akan merasa kesulitan untuk mencarinya, karena sobat hanya bisa menumpang di rumah warga satu-satunya yang tinggal di bibir pantai tersebut dengan memberi donasi seikhlasnya kepada pemilik rumah sebagai tanda terima kasih.

Mengenai tempat parkir di pantai Nglambor hanya diperuntukkan untuk sepeda motor karena memang akses jalan masuk ke pantai Nglambor dari jalan aspal belum memungkinkan untuk dilewati oleh mobil. Jadi jika kamu datang ke sana membawa mobil, maka kamu harus memarkirnya di pinggir jalan menuju jalan masuk ke pantai. Setelah itu kamu harus naik ojek dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit. Saran saya lebih baik jika sobat ingin berkunjung kesana gunakanlah kendaraan roda 2.

Terima kasih sobat sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel mengenai Objek Wisata Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga bermanfa'at.